Rabu, 04 Februari 2015

Anatomi Email

Electronic Mail

Email mulai digunakan pada tahun 1960-an, merupakan singkatan dari Electronic Mail. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Intenet,dengan email isi surat/pesan dapat kita isi dengan konten gambar/suara dan video. 


 Pada zaman sekarang,email bukan hanya untuk mengirim surat/pesan segala sesuatu yang berhubungan internet seperti mendaftar Facebook,twitter,blogger,google drive dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar. Email mempunyai ciri-ciri yang dapat kita identifikasi. Email memiliki beberapa bagian diantaranya adalah header, body dan attachment. 

Secara umum sebuah email terdiri dari 3 bagian besar yaitu :


1. Bagian Header

Berisi property email yang meliputi versi MIME (versi email), tanggal, alamat tujuan, Subject, To, From, dan tipe konten email. Pada header, disimpan informasi seputar email yang menunjukkan bagaimanan nantinya email akan dibaca/dikodekan.
Jadi di bagian header terdapat:
  1.   To, merupakan bagian email yang berisi alamat penerima email yang akan kita kirimkan email
  2. Cc merupakan singkatan dari carbon-copy atau bisa juga disebut tembusan. Cc merupakan penerima email pasif, dimana email yang anda kirimkan pada seseorang atau lebih juga akan terkirim kepada email yang anda masukkan pada kolom Cc  
  3.   Judul, merupakan bagian email yang berisi judul pada email yang anda kirim. 

 

2. Bagian Body


Tubuh Email/Body, tempat untuk menulis isi email yang akan dikirim

3. Attachment


Attachment ini merupakan bagian yang menunjukkan lampiran.
Dalam properti, disimpan informasi seputar attachment meliputi tipe file, nama file, dan yang paling penting adalah metode pengkodean (encoding). Ini adalah hal yang penting karena dengan mengetahui metode pengkodean, kita dapat mengetahui isi dari attachment ini, khususnya untuk file string.







  Menganalisis Anatomi Email Menggunakan Gmail

Untuk dapat mengetahui anatomi email lebih lanjut.Kali ini saya hanya akan membahas anatomi email dengan menggunakan layanan Gmail (Google Mail). Langkah-langkahnya adalah seperti berikut: 


  1. Buka/buat akun Gmail  lalu klik Compose Mail . Lalu akan muncul jendela baru.



2. Setelah muncul jendela pembuatan email baru, masukkan alamat Gmail  sebagai tujuan (disini saya isi dengan rmrizkipratama@gmail.com ).Lalu isi Subject-nya (di sini saya isi dengan “Tes Email”), kemudian isi pesan dengan suatu teks (di sini saya isi dengan “Haloooooo”). 







3. Attachment merupakan bagian yang menunjukkan lampiran. Pada gambar di atas terdapat attachment  pengertian internet.docx (dalam format dokumen) 


4. Klik kirim


5. Setelah itu cek di Pesan Terkirim.  Pesan telah terkirim dari anggitakarlinda@gmail.com kepada rmrizkipratama@gmail.com.

Tampilan Gmail



ISTILAH DALAM EMAIL

Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft  Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent  : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply :

Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward  : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim






REFERENSI

http://fileblogku.blogspot.com/2010/11/email-adalah.html
http://luk.staff.ugm.ac.id/ak/outlook/anatomiemail.html
http://nurilhanatikipa2smatrik.blogspot.com/2011/12/tik-ipa-2.html

 

 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar